Profil

Sejarah Historis

SMAN 1 JogonalanSMA Negeri 1 Jogonalan berdiri dan mulai melaksanakan kegiatan pembelajaran  pada tahun 1990 , dimulai dengan Tahun Pembelajaran 1990/1991 dengan 3 kelas paralel kelas 1 (sekarang kelas X).  Keberadaan  SMA Negeri 1 Jogonalan dikuatkan dengan  Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0363/0/1991 tentang Pembukaan dan Penegerian Sekolah Tahun Pelajaran 1990/1991 tertanggal 20 Juni 1991.

Dalam perkembangannya SMA Negeri 1 Jogonalan Klaten telah melalui penggodokan, penggemblengan dan terpaan jaman tetap kokoh berdiri dengan  21 rombongan belajar (7 rombel kelas X, 4 rombel XI IPA dan 3 rombel kelas XI IPS, 4 rombel XII IPA dan 3 rombel  XII IPS) dibawah pimpinan (Kepala Sekolah) :

  1. Drs. P. Slamet Widodo
  2. Drs. H. Sadjiman (Alm)
  3. Drs. Gunawan
  4. Drs. Soegiri Kartowijono
  5. Dra. Christiana Kartini
  6. Drs. Supriyono
  7. Drs. Widiyarto (2005 – 2008)
  8. Dra. Ryryn Purwanti HR, M.Hum. (2008 – 2010)
  9. Drs. Kawit Sudiyono (2010 – 2012)
  10. Drs. Y. Priyono, M.Pd. (Pebruari 2012 – sekarang)

Visi

Unggul dalam Prestasi, mulia dalam budi Pekerti – berdaya saing tinggi di era globalisasi

Misi

  1. Melaksanakan Pembelajaran dan Bimbingan secara effektif sehingga menghasilkan Lulusan yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur serta berdaya saing tinggi di era Global.
  2. Menumbuhkan semangat pada siswa untuk berprestasi dalam bidang olah raga, seni dan berkarya pada bidang lain yang berakar pada budaya bangsa.
  3. Meningkatkan kepedulian seluruh warga sekolah terhadap lingkungan agar memiliki sikap “RUMONGSO MELU HANDARBENI WAJIB MELU HANGRUNGKEBI”

Tujuan

“Menghasilkan Lulusan yang Berkualitas baik akademik maupun non akademik, Berbudi Pekerti Luhur dan mampu Bersaing di era Global.”

Arti Lambang  SMA N 1 Jogonalan

UNSUR BENTUK
  1. PERISAI SEGI LIMA: melambangkan sarana melindungi diri dari segala bentuk gangguan, pengaruh luar dan berdasarkan Pancasila.
  2. SAYAP: melambangkan sarana perjalanan (terbang) untuk mencapai cita-cita
  3. BUNGA MELATI: bunga yang harum merupakan bakal buah yang diharapkan menjadi buah yang dapai dipetik hasilnya
  4. TANGGA, BUKU DAN PENA: melambangkan sarana pendidikan
  5. PITA: melambangkan sarana untuk mengikat mengikat, agar menjadi satu – kesatuan yang utuh, kompak dan terpadu antara guru, karyawan dan siswa
UNSUR WARNA
  1. MERAH: melambangkan semangat yang membara, gagah, keberanian untuk maju.
  2. KUNING: melambangkan kemuliaan, keagungan, kecerahan, suka cita.
  3. HITAM: melambangkan kewibawaan, kekal/kelanggengan
  4. PUTIH: melambangkan kesucian, kebersihan, kejujuran, kemurnian dan tak ternoda
  5. HIJAU: melambangkan kesejukan dan kesuburan

Makna Lambang

“Dengan semangat yang membara dan keberanian, di dalam bekerja dan belajar dijiwai dengan Semangat kebersamaan/kekompakan dari seluruh warga sekolah diharapkan Sekolah mampu menghantarkan siswanya untuk meraih cita -cita setinggi – tingginya sehingga menjadi manusia yang mulia, tanggap, tanggon dan trengginas,  yang akan mengukir negeri ini menjadi negeri yang subur, makmur, gemah ripah loh jinawi dengan membentengi diri dengan jiwa PANCASILA.